Proses metabolisme lemak dalam tubuh pdf

Melalui hidrasi kimia lemak tumbuh-tumbuhan, minyak dapat diubah menjadi lemak padat margarineyang disebut dengan proses pemadatan lemak. Kilomikron dalam darah dihidrolisis oleh enzim lipase endotel menjadi asam lemak dan gliserol. Sedangkan asam lemak pun akan dioksidasi untuk memenuhi kebutuhan energi pula lihat oksidasi beta.

Keseimbangan diantara katabolisme dan sintesis protein ini berguna untuk mempertahankan fungsi sel yang masih normal. Pada langkah pertama akan dihasilkan suatu bioksin-karboksi dengan memecahkan ATM dan menggunakan hydrogenkarbonat.

Proses di atas terjadi jika kita membutuhkan energi, misalnya untuk berpikir, mencerna makanan, bekerja dan sebagainya. Bila lemak terus di metabolisme dalam hati maka akan terdapat ampas berupa zat keton yang hanya terbatas penggunaanya. Hasil energi yang diperoleh melalui perombakan lemak yaitu sebanyak ATP 1gram pemecahan lemak menghasilkan 9,2 kalori.

Selanjutnya piruvat dioksidasi menjadi asetil KoA. Jika diperlukan dapat diubah menjadi sumber energi. Gliserin dan asam lemak oleh kakteal disalurka ke duktus dan masuk ke aliran darah, kemudian dialirkan ke deluruh jaringan tubuh.

Recent Posts

Kemudian peptidase melepas asam amino yang kemudian diserap oleh dinding usus dan diedarkan dalam darah. Respirasi anaerobik adalah reaksi karbohidrat untuk mendapatkan energi tanpa menggunakan O2. Bila diperlukan, lemak dikeluarkan dari tempat penyimpanan dalam hati diubah menjadi gliserol dan asam lemak, bentuk yang paling mudahdapat digunakan dalam tubuh.

Kilomikron keluar dari sel mukosa usus secara eksotisosis kemudian diangkut lewat sistem limfatik dan selanjutnya masuk ke dalam sirkulasi darah. Disetiap pembagian metabolisme proses yang terjadi juga berbeda. Factor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim antara lain suhu, pH, zat peghambat Inhibitoractivator dan konsentrasi.

Berlawanan dengan lemak netral, senyawa-senyawa ini dapat dengan mudah di absorbsi oleh sel mukosa usus. Kadar kilomikron meningkat jam setelah makan. Selain itu lemak juga memiliki fungsi untuk melindungi organ-organ tubuh tertentu dari kerusakan akibat benturan atau goncangan sebagai sumber energy dan sebagai pelarut vitamin A,D,E dan K.

Setelah makan, glukosa meningkat dan kembali normal seperti semula. Kilomikron yang telah kehilangan asam lemak dengan demikian banyak mengandung kolesterol dan tetap berada di dalam sirkulasi disebut chylomicron remnant dan akhirnya menuju ke hati yang selanjutnya didegradasi di dalam lisosom.Metabolisme asam lemak intensif khususnya di dalam sel hati (hepatocytes) Proses terpenting dari degradasi asam lemak adalah ß-oksidasi yang terjadi di dalam mitokondria.

Asam lemak dalam sitoplasma diaktifkan dengan mengikatkannya pada coenzyme A, kemudian dengan sistem transport karnitin masuk ke mitokondria untuk didegradasi menjadi acetyl-CoA melalui proses ß-oksidasi. metabolisme lemak dan protein. A. Pendahuluan.

Tubuh makhluk hidup layaknya sebuah mesin, memiliki alat-alat spesifik untuk melakukan kinerja yang spesifik pula. Rutinitas makhluk hidup membutuhkan sejumlah energi yang dijadikan bahan baku utama sebagai penggeraknya.

Energi yang dibutuhkan tersebut diperoleh dari dalam tubuh yang dihasilkan melalui proses-proses yang sangat rumit. Proses.

Bagaimana Proses, Jenis – Jenis dan Pengertian Metabolisme

Metabolisme Sel merupakan unit kehidupan yang terkecil, oleh karena itu sel dapat menjalankan aktivitas hidup, di antaranya metabolisme. Metabolisme adalah proses-proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk.

Metabolisme diadopsi dari bahasa yunani μεταβολισμος atau dibaca metabolismeos atau perubahan. Metabolisme merupakan semua reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh organisme termasuk di tingkat selular untuk mempertahankan kelangsungan vsfmorocco.com: Ahablogweb.

Lintasan ini meliputi berbagai proses oksidasi yang melepaskan energi bebas, biasanya dalam bentuk fosfat energi tinggi atau unsur ekuivalen pereduksi, seperti rantai respirasi dan fosforilasi vsfmorocco.com: Admincmm. Download pdf husbandry corner vitamin dalam arti luas adalah senyawa organik bukan karbohidrat lemak maupun dibutuhkan oleh tubuh karena berperan mambantu proses metabolisme pengaruh pemberian asam lemak trans terhadap jumlah sel core kandungan asam.

Metabolisme : Pengertian, Fungsi, Jenis, Proses
Proses metabolisme lemak dalam tubuh pdf
Rated 4/5 based on 61 review