Prosedur penimbangan berat badan pada anak

Hasil penimbangan berat badan maupun tinggi badan yang akurat, menjadi tidak berarti bila tidak disertai dengan penentuan umur yang tepat.

Bila digunakan dacin berkapasitas 50 kg dapat juga, tetapi hasilnya agak kasar, karena angka ketelitiannya 0.

PENGUKURAN ANTROPOMETRI DASAR TEORI - med.unhas.ac.id

Pemecahan masalah difokuskan pada; masalah keperawatan, mengubah perilaku hidup sehat perubahan pola interaksi. Selanjutnya kedua titik penimbangan berat badan bulan yang lalu dan penimbangan berat badan bulan ini dapat dihubungkan dengan garis.

Usia 2 tahun atau lebih: Mengurangi rasa takut pada anak-anak yang tidak senang dengan timbangan gantung. Parameter yang paling baik, mudah terlihat perubahan dalam waktu singkat karena perubahan-perubahan konsumsi makanan dan kesehatan.

Ambang batas dapat disajikan dalam 3 cara yaitu: Semua kejadian yang diderita anak perlu dicatat dalam garis — garis tegak, sesuai dengan bulan penimbangan.

Pada anak balita 12 — 5 tahun Pemantauan perkembangan dilakukan pada umur 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, 24 bulan, 30 bulan, 36 bulan, 42 bulan, 48 bulan, 54 bulan, dan 60 bulan. Pertumbuhan linear mengambarkan status gizi yang dihubungkan pada saat lampau dan pertumbuhan massa jaringan menggambarkan status gizi pada saat sekarang atau pada saat pengukuran.

Tidak tergantung umur, yaitu hasil pengukuran dibandingkan dengan pengukuran lainnya tanpa memperhatikan berapa umur anak yang diukur. Memantau berat badan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: Atrumatic Care Atrumatic care adalah perawatan yang tidak menimbulkan trauma pada anak dan keluarga.

Pada bulan berikutnya anak ditimbang dengan berat badan 8,0 kg, sehingga digambar sebagai berikut: Memperkenalkan diri dan menerangkan prosedur pengukuran serta manfaatnya. Survei ini dapat mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangan zat gizi b. Selain baku rujukan, berbagai kriteria status gizi pernah diperkenalkan untuk digunakan di Indonesia, di antaranya klasifikasi Gomez, klasifikasi kualitatif menurut Wellcome Trust, klasifikasi menurut Waterlow, Klasifikasi Jellife, klasifikasi Bengoa, klasifikasi status gizi menurut rekoendasi Lokakarya Antropometri dan Puslitbang Giziklasifikasi menurut Direktorat Bina Gizi Masyarakat Depkes RI Tahun dan yang terakhir adalah klasifikasi cara WHO.

Selain itu, jika keadaan memungkinkan, maka subjek ditimbang bertelanjang atau berpakaian seminimal mungkin. Demikian seterusnya apabila Budi sampai umur 4 bulan hanya mendapat ASI saja, maka di bawah kolom 3 dan 4 ditulis berturut — turut E3 dan E4.

Berat badan paling banyak digunakan karena hanya memerlukan satu pengukuran, hanya saja tergantung pada ketetapan umur, tetapi kurang dapat menggambarkan kecenderungan perubahan situasi gizi dari waktu ke waktu Djumadias Abunain, Dalam Buku Kaderdiberikan petunjuk bagaimana menimbang balita dengan menggunakan dacin.

Oleh sebab itu penentuan umur anak perlu dihitung dengan cermat. Pastikan skala ukur tepat diangka nol c. Karena itu, pengukuran sebisa mungkin dilaksanakan dengan cepat. Kelebihan atau kekurangan hari sebanyak 1 sampai dengan 15 hari dibulatkan menjadi 0 bulan.

PENGUKURAN BERAT BADAN UNTUK PASIEN.docx

Dengan hasil penelitian, perawat dapat mengerakan orang lain untuk berbuat sesuatu yang berdasarkan kebutuhan, perkembangan dan aspirasi individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.KEP ringan bila hasil penimbangan berat badan pada KMS terletak pada pita warna kuning. b.

KEP sedang bila hasil penimbangan berat badan pada KMS terletak dibawah garis merah (BGM). Anak disebut KEP apabila berat badannya kurang dari 80% indeks berat badan menurut umur (BB/U) buku WHO-NCHS. KEP merupakan defisiensi gizi (energi dan protein) yang paling berat dan meluas terutama pada balita.

Pada umumnya penderita KEP berasal dari keluarga yang berpenghasilan rendah (Supariasa, ). Berat badan bertambah mengikuti salah satu pita warna, berat badan bertamabah ke pita warna diatasnya.

Berat badan tidak naik: Berat badanya berkurang atau turun, berat badan tetap, berat badan bertambah atau naik tapi pindah ke pita warna di bawahnya.

Berat badan bayi baru lahir adalah kira-kira g, biasanya anak laki-laki lebih berat dari anak perempuan. Lebih kurang 95% bayi cukup bulan mempunyai berat badan antara – g.

Lebih kurang 95% bayi cukup bulan mempunyai berat badan antara – g. A. PENIMBANGAN BERAT BADAN 1. PERSIAPAN a. Letakkan timbangan di tempat yang datar b. Pastikan posisi bandul pada angka nol dan jarum dalam keadaan seimbang c.

Jelaskan prosedur penimbangan kepada pasien/ d. Pasien yang akan ditimbang diminta membuka alas kaki dan jaket serta mengeluarkan isi kantong yang berat seperti kunci, dll 2. PROSEDUR PENIMBANGAN a. Posisikan.

Apa tanda-tanda balita gizi kurang? · Berat badan tidak naik selama 3 bulan berturut-turut, badannyakurus. · Mudah sakit. · Tampak lesu dan lemah.

Prosedur penimbangan berat badan pada anak
Rated 5/5 based on 46 review