Berat badan lahir menurut depkes

Paritas Paritas adalah faktor penting dalam menentukan nasib ibu dan janin selama kehamilan maupun melahirkan. Sindrom gangguan pernafasan idiopatik penyakit membrane hialin 2. Walaupun preeklampsia sukar dicegah, namun preeklampsia dapat dihindarkan dengan penanganan secara sempurna.

Gambaran Kejadian Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) Di Rumah Sakit Umum

Obat penunjang: Yunus propinsi Bengkulu Januari Mei Rumah sakit umum daerah Dr. Apabila wanita hamil tidak mempunyai simpanan zat besi yang cukup banyak dan tidak mendapat suplemen preparat besi, sementara janin bertambah terus dengan pesat maka janin dalam hal ini akan berperan sebagai parasit, ibu akhirnya akan menderita anemia, sedangkan janin umumnya dipertahankan normal, kecuali pada keadaan yang sangat berat misalnya kadar Hb ibu sangat rendah maka zat besi yang kurang akan berpengaruh pula terhadap janin sehingga menimbulkan BBLR Manuaba, Penyakit Penyerta Oesman Syarif dalam penelitiannya mengenai kejadian BBLR pada Rumah Sakit di Kabupaten Serang dan Tangerang memperoleh hasil bahwa ibu hamil dengan penyakit penyerta misalnya trauma fisik dan psikologis, DM, toksemia gravidarum, dan nefritis akut kemungkinan memiliki resiko terjadinya BBLR 6,8 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan ibu hamil tanpa penyakit penyerta.

Bahan-bahan keratogen atau karsinogen c. Menurunnya aliran darah ke plasenta mengakibatkan gangguan fungsi plasenta yang menyebabkan pertumbuhan janin terganggu Gant, Setelah keadaan preeklampsia berat dapat diatasi, pertimbangkan mengakhiri kehamilan berdasarkan: Phenobarbital 3x 30 mg, diazepam 3x 10 mg 2.

Retardasi pertumbuhan intrauterine berhubungan dengan keaadaan yang mengganggu sirkulasi dan efisiensi plasenta dengan pertumbuhan dan perkembangan janin atau dengan keadaan umum dan gizi ibu.

Pada wanita labia minor tidak ditutupi oleh labia mayor hingga aterm. Hal ini disebabkan karena kurangnya suplai darah nutrisi akan oksigen pada placenta yang akan berpengaruh pada fungsi plesenta terhadap janin.

Imaturitas paru memudahkan terjadinya penyakit membran hialin. Pemberian minum bayi sekitar 3 jam setelah lahir dan didahului dengan menghisap cairan lambung. Yayasan OborIndonesia. Rambut lanugo telah tidak terlihat, rambut kepala biasanya telah sempurna.

Faktor lingkungan yang meliputi kebersihan dan kesehatan lingkungan sertaketinggian tempat tinggal. Oleh sebab itu tiap kasus preeklampsia harus ditangani sungguh-sungguh Bari, Kesulitan lain kehamilan diatas usia 35 tahun ini yakni bila ibu ternyata mengidap penyakit seperti diatas yang ditakutkan bayi lahir dengan membawa kelainan Sitorus, Ginjal Dengan timbulnya hipertensi karena kehamilan, perfusi darah ginjal dan kecepatan filtrasi glomerolus menurun secara bervariasi, perubahan-perubahan tersebut tampaknya menyebabkan proteinuria dan mungkin sekali ada hubungannya dengan retensi garam dan air.

Pasien yang miskin dengan pemeriksaan antenatal yang kurang atau tidak sama sekali dan nutrisi yang buruk, terutama diet dengan kurang protein. Identifikasi Bayi Pembersihan jalan nafs, perawatan tali pusat, perawatan mata, dan identifikasi adalah rutin segera dilakukan, kecuali bayi dalam keadaan krisis, dan dokter memberi intruksi khusus.

Imaturitas metabolisme bilirubin mempermudah terjadinya hiperbiliribinemia. Mengakhiri kehamilan merupakan pengobatan utama untuk memutuskan melanjutkan preeklampsia menjadi eklampsia. Bayi dengan BBLR terjadi akibat kelahiran sebelum waktunya atau umur kehamilan belum mencapai sembilan bulan, bayi lahir cukup tapi pertumbuhan dalam kandungan tidak baik oleh karena itu ibu kurang gizi, kurang darah, sering sakit, banyak merokok atau bekerja berat.

Lingkar kepala cm. Primigravida, terutama primigravida muda. Perubahan histology pada jaringan pembuluh darah plasenta Pada preeklampsia terdapat lesi patognomosis dalam pembuluh darah uteroplasenta.

Alis mata sering kalli tidak ada. Protein dalam urin plus atau lebih c. Banyak kekurangan dalam penulisan, untuk itu saran dan kritik untuk perbaikan penulisan sangat diharapkan.

Obat penunjang: Tepuk kedua telapak kaki bayi sebanyak 2 — 3 kali atau gosok kulit bayi dengan kain kering dan kasar agar bayi segera menangis.

Tabel Berat Badan dan Tinggi Ideal Anak 0-5 Tahun

Syphilis termasuk infeksi kronis 4.Proporsi Anemia pada Ibu Hamil Menurut Tempat Tinggal Tahun Sumber: RiskesdasKemenkes RI Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) Kondisi lain yang banyak terjadi pada ibu hamil adalah anemia, terutama anemia defisiensi besi.

Hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dan berkembangan janin/bayi saat kehamilan maupun setelahnya. 2. Dismaturitas Adalah bayi lahir dengan berat badan kurang dari berat badan seharusnya untuk masa kehamilan, dismatur dapat terjadi dalam preterm, term, dan post term.

Faktor yang Mempengaruhi Berat Bayi Lahir

Karakteristik BBLR Menurut Manuaba (), karakteristik Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) adalah sebagai berikut: a.

Berat kurang dari gram b. Dahulu neonatus dengan berat badan lahir kurang dari gram atau sama dengan gram disebut prematur. Pada tahun oleh WHO semua bayi yang baru lahir dengan berat lahir kurang dari gram disebut Low Birth Weight Infants (BBLR) (Yushananta,).

Secara umum berat bayi lahir yang normal adalah antara gr sampai gr, dan bila di bawah atau kurang dari gr dikatakan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Menurut Jumiarni dkk(), BBLR adalah neonatus dengan berat badan lahir pada Author: Dr. Suparyanto, vsfmorocco.com lahir hanya Hb yang memiliki hubungan yang signifikan dengan berat badan bayi lahir (p: 0, dan R: 0,).

Kesimpulan yang dapat diambil dari persamaan regresi pada penelitian ini adalah semakin baik LILA semakin baik pula berat badan bayi lahir sedangkan semakin kurang LILA semakin kurang pula berat badan bayi lahir.

Kata kunci: status. 9/8/ · Masalah bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) masih merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas perinatal (Sitohang, ; Dahniar, ), serta dapat berdampak serius terhadap kualitas generasi mendatang yaitu akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan mental anak, serta berpengaruh terhadap penurunan kecerdasan (Depkes RI, ).

Berat badan lahir menurut depkes
Rated 3/5 based on 80 review